Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab & Cara Memperbaiki Persneling Mobil Yang Keras

Cara Memperbaiki Persneling Mobil Yang Keras bahkan terkadang loncat dan timbul suara krek saat melakukan perpindahan gigi transmisi baik pada mobil manual maupun matic sebenarnya sangat mudah diatasi jika kita mengetahui dengan pasti apa penyebabnya. yang pasti, jika sebuah kendaraan mulai tidak nyaman dikendarai, pasti ada komponen pada kendaraan tersebut yang sudah mulai rusak dan minta diganti dengan yang baru. hal ini cukup wajar terjadi, terlebih jika kendaraan tersebut sudah lama dipakai atau bahkan jarang diservis.


Selain dari beberapa komponen pada mobil yang rusak, penyebab persneling mobil yang keras ternyata juga bisa terjadi karena gaya mengemudi kita yang tidak sesuai aturan lho. namun begitu, faktor penyebab yang paling umum ditemui adalah rusaknya kabel kopling, kampas kopling yang sudah aus  serta oli transmisi yang jarang diganti. untuk lebih lengkapnya berikut admin rangkum beberapa Cara Memperbaiki Persneling Mobil Yang Keras  : 


Penyebab Persneling Mobil Keras


Kampas Kopling Aus

Komponen lain yang sangat berpengaruh membuat persneling keras adalah kampas kopling. Kampas kopling yang sudah mau habis biasanya akan sulit berpindah gigi.

Sebaiknya lakukan pengecekan pada kampas kopling mobil kesayangan kamu. Jika sudah aus, biaya perbaikan kampas kopling sebenarnya cukup lumayan.


Oli Transmisi

Penyebab lain yang bisa membuat persneling mobil menjadi keras adalah oli transmisi yang jarang diganti.

Biasanya oli transmisi dan oli gardan sangat jarang diganti karena dianggap kurang penting. Padahal, oli transmisi ada jangka waktu penggantian berkalanya.

Misalnya diganti setiap 10 ribu km sekali atau 20 ribu km sekali. Tujuannya agar komponen di dalam transmisi tetap terjaga pelumasannya. ssedangkan oli mobil matik wajib diganti secara berkala. Tujuannya supaya transmisi matik tidak jeduk dan tetap sehat.


Kabel Kopling atau Oli Berkurang

Buat mobil tua, biasanya kopling masih memakai model kabel. Kabel ini biasanya menjadi aus karena usia. Seiring pemakaian, kabel kopling bisa terkena debu, air hujan, dan bahkan air sabun saat mencuci mobil. Hal ini yang membuat kabel kopling menjadi aus dan berkarat.

Efeknya, saat menginjak kopling menjadi lebih keras dan tarikan kopling menjadi berkurang. Lalu, ada juga mobil yang sudah memakai model hidrolis. Biasanya ada dua komponen pada kopling manual. Pertama adalah master kopling bagian atas, lalu master kopling bagian bawah.


Bushing Tuas Perseneling

Hal berikutnya yang bisa kamu cek adalah bushing atau karet dari tuas perseneling itu sendiri. Karena berbahan karet, maka resikonya bushing ini bisa menjadi getas karena umur dan juga pemakaian. Hal ini dapat menyebabkan mobil akan mengalami susah masuk gigi.


Komponen transmisi bermasalah

Alasan lain jika perpindahan gigi menjadi keras bisa saja karena beberapa komponen sudah bermasalah. Kemungkinannya, bisa pada o-ring retak atau bagian spring pada piston patah. Maka dari itu, periksa kondisinya dan segel piston apakah ada kerusakan.

Jika memang bermasalah, maka wajib diganti. Jika baik-baik saja, lanjutkan dan periksa spring  kedua di katup.


Cairan atau oli transmisi kotor

Sejatinya oli transmisi wajib diganti setidaknya setiap jarak tempuh mobil mencapai 10 ribu km. Jika oli transmisi tidak pernah diganti, maka cairan tersebut akan menjadi kotor dari waktu ke waktu. Salah satu masalah yang biasanya timbul adalah terjadi pergeseran yang cukup berat.Komponen transmisi bermasalah

Alasan lain jika perpindahan gigi menjadi keras bisa saja karena beberapa komponen sudah bermasalah. Kemungkinannya, bisa pada o-ring retak atau bagian spring pada piston patah. Maka dari itu, periksa kondisinya dan segel piston apakah ada kerusakan.

Jika memang bermasalah, maka wajib diganti. Jika baik-baik saja, lanjutkan dan periksa spring  kedua di katup.



Mungkin itu saja yang dapat admin modifsimple.com sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Cara Memperbaiki Persneling Mobil Yang Keras. semoga dengan mengecek ke 6 komponen seperti yang tersebut diatas bisa membantu menyelesaikan masalah pada mobil anda. sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Posting Komentar untuk "Penyebab & Cara Memperbaiki Persneling Mobil Yang Keras"