Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Karbu PE 28 Ngok & Boros

Cara Mengatasi Karbu PE 28 Ngok baik di putaran atas maupun tengah sebenarnya sangat mudah jika kita sudah terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. komponen bernama karburator ini memang salah satu komponen terpenting yang ada pada setiap motor. jika kinerjanya tidak maksimal bisa dipastikan motor akan menjadi sangat tidak nyaman saat dikendarai. maka dari itu, kita sebagai owner sudah selayaknya tahu terlebih dahulu kenapa karbu motor si kuda besi bisa ngok/mbegok.


Banyak faktor yang menyebabkan karbu si kuda besi tiba-tiba bunyi ngok baik saat digas pada putaran atas maupun tengah. yang sering terjadi biasanya dikarenakan settingan pada karbu pe 28 yang kurang maksimal. penyebabnya antara lain karena ukuran main jet pada karbu kekecilan, jarum skep kebesaran dan lubang venturi pada karbu kebesaran. Untuk selanjutnya silahkan baca Cara Mengatasi Karbu PE 28 Ngok yang sudah admin rangkum dibawah ini :


Cara Mengatasi Karbu PE 28 Ngok
Cara Mengatasi Karbu PE 28 Ngok


1. Ukuran Main Jet Kekecilan

Kalau kamu adalah biker yang suka oprek motor tentu paham ” jeroan” karburator. Seperti yang kamu ketahui, bahwa didalam karburator terdapat beberapa komponen. Salah satu komponen paling vital pada karburator adalah spuyer. Sedangkan spuyer sendiri terdapat dua macam yakni spuyer main jet dan spuyer pilot jet.

Kedua spuyer (baik main jet maupun pilot jet) memiliki peran masing – masing, namun saling melengkapi. Nah, dari kedua spuyer tersebut yang menyebabkan karbu ngok adalah spuyer main jet. Bisa jadi spuyer main jet yang kamu pakai terlalu kecil sehingga membuat debit udara dan bahan tidak seimbang (terlalu banyak udara).

Bagaimana jika tidak pernah mengganti main jet? Ada kemungkinan main jet tersumbat oleh kotoran dari tangki bensin. Cek juga lubang kecil di dinding main jet apakah tersumbat atau tidak.


2. Jarum Skep Kebesaran

Jarum skep dan main jet merupakan dua komponen karburator yang saling bersinggungan karena jarum skep berfungsi untuk mengatur buka tutup lubang main jet. Jika gas ditutup, maka jarum skep akan berada dibawah dan menutup lubang main jet. Namun jika gas ditarik, maka jarum skep akan terbuka dan membuka lubang main jet.

Jika jarum skep kebesaran tentu kasusnya mirip seperti kasus pertama. Tidak ada artinya jika kamu mengganti main jet dengan lubang yang lebih besar namun jarum skep terlalu besar. Coba untuk melakukan pengecekan pada jarum skep, karena kemugkinan jarum skep yang terlalu besar menjadi penyebab karburator ngok.


3. Lubang Venturi Kaburator Terlalu Besar

Bisa dibilang, menemukan setelan karburator yang pas memang susah susah gampang. Ingat, susahnya dua kali gampangnya satu kali. Jadi lebih banyak susahnya daripada gampangnya. Hehehehe.

Jika biker mengganti karburator dengan lubang venturi yang lebih besar tentu harapannya adalah tarikan motor akan lebih enteng. Namun ternyata ada beberapa biker yang mengalami kejadian karburator ngok saat melakukan pergantian karburator dengan lubang venturi yang lebih besar dari sebelumnya.

Terkadang biker lupa bahwa karburator membutuhkan keseimbangan antara lubang venturi, ukuran spuyer, ukuran jarum skep, debit bahan bakar didalam mangkuk dan setelan air screw juga harus pas.

Tidak ada untungya jika lubang venturi yang besar tapi tidak diimbangi dengan komponen – komponen lain pada karburator.

Karena secara logika, kalau venturi lebih besar maka debit udara yang masuk ke mesin menjadi lebih banyak. Dan ini, akan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin. Hasilnya performa mesin akan lebih baik.

Tapi, proses pencampuran bensin didalam karbu itu menggunakan kevakuman. Dimana ketika kevakuman pada venturi lebih besar maka bensin yang keluar lebih banyak. Begitu pula sebaliknya.

Sementara itu kevakuman venturi dipengaruhi oleh kecepatan aliran udara didalam venturi, kalau udara yang mengalir lebih cepat maka kevakuman bisa lebih tinggi. Nah masalahnya, kalau ukuran venturi lebih besar maka akan menurunkan kecepatan venturi, sehingga kadar bensin malah berkurang dimana udaranya lebih banyak. Sehingga muncul gejala karbu ngok.

Solusinya, kalau anda mau mengganti ukuran venturi maka modifikasi juga bagian lainnya. Bisa dengan mengganti main jet lebih besar, atau dengan menambahkan pipa kecil sebagai venturi didalam venturi utama. Jadi seperti karburator mobil.




Nah, itu dia 3 Cara Mengatasi Karbu PE 28 Ngok yang bisa kamu coba sendiri dirumah. silahkan ikuti ketiga langkah yang sudah admin modifsimple.com tulis diatas dengan pelan-pelan dan teliti ya. agar karbu kamu gak ngok lagi. akan tetapi, jika setelah cek dengan baik dan benar ketiga komponen diatas namun karbu pe 28 kamu masih ngok. sebaiknya bawa ke bengkel andalanmu ya. biar bisa langsung ditangani oleh ahlinya.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Karbu PE 28 Ngok & Boros"