Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Mobil Carry Tidak Bisa Distarter

Cara Mengatasi Mobil Carry Tidak Bisa Distarter - Bagi pemilik suzuki carry, tentu pernah mengalami mobilnya tiba-tiba susah hidup atau tidak bisa distarter. hal ini lazim terjadi, apalagi jika mobil sudah tua, jadi banyak komponen maupun part pada mobil yang sudah mulai aus dan rusak sehingga menyebabkan munculnya beberapa masalah. mobil yang tidak bisa distarter tidak melulu disebabkan oleh aki yang lemah/tekor. masalah ini bisa juga terjadi karena ada soket yang longgar, busi bermasalah, dan bisa juga disebabkan oleh rusaknya koil pada mobil.


Pada setiap kendaraan bermotor, entah itu roda dua maupun roda empat. aki merupakan salah satu komponen yang paling vital. jika kinerja aki mulai melemah atau bahkan aki sudah soak, tentu hal tersebut dapat mennyebabkan mobil jadi tidak mau hidup saat distarter. selain itu juga, faktor busi yang kotor juga bisa menyebabkan macet pada mobil karena menghambat percikan api yang berguna untuk menyalurkan energi ke mobil.


Cara Mengatasi Mobil Carry Tidak Bisa Distarter


Setelah diatas suadah admin singgung sedikit tentang penyebab carry susah hidup dan distarter. agar lebih memahami tentang permasalahan ini, silahkan anda baca Cara Mengatasi Mobil Carry Tidak Bisa Distarter yang selengkapnya dibawah ini :


1. Mobil Carry Tidak Bisa Distarter Saat Pagi Hari

Sebenarnya hal ini lumrah terjadi pada mobil yang masih menggunakan teknologi yang lama. jika anda mengalami hal ini dan anda yakin mobil carry anda dalam keadaan normal atau tidak ada kerusakan. cara mengatasinya cukup mudah. Silahkan anda posisikan kontak pada kondisi ON dan biarkan rotax berbunyi hingga berhenti. Kocok pedal gas 3-4 kali dan starter. Bila belum hidup. Ulangi kocok pedal gas 3-4 kali. Starter lagi mudah-mudahan langsung menyambar dan hidup


2. Mobil Carry Tidak Bisa Distarter Saat Mesin Panas

Jika saat anda menggunakan mobil untuk perjalanan jauh dan mesin menjadi panas. lalu mobil tidak mau hidup saat distarter, tidak perlu panik. yang cukup anda lakukan adalah menunggu mesin sampai sedikit adem terlebih dahulu. namun jika hal tersebut tidak membantu, anda harus cek pada bagian koil mobil. jika dipegang terasa panas sekali, itu berarti koil sudah lemah dan minta ganti.


3. Periksa Kondisi Aki

Pastikan aki mobil masih normal, periksa dengan seksama daya pada aki. jika lemah, tentu hal yang harus anda lakukan adalah mengisi dayanya sampai penuh terlebih dahulu. namun jika setelah diisi, mobil tetap tidak bisa distarter. itu berarti aki mobil carry sudah soak dan anda perlu menggantinya dengan yang baru.


4. Koil Rusak

Komponen ini berfungsi untuk menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar. jadi, jika koil rusak hal tersebut menyebabkan pasokan aliran energi menuju aki menjadi terganggu sehingga mobil carry jadi susah hidup dan distarter. maka dari itu, jika koil pada mobil sudah lama tidak diganti. ada baiknya anda menggantinya dengan yang baru.


5.Cek Suplay Listrik dan Pengapian


Jika tidak terdapat masalah pada suhu mesin, maka lanjutkan pemeriksaan pada sistem kelistrikan atau suplay listrik. Periksa sumber-sumber kelistrikan yang ada, mulai dari aki, cdi, dan koil. Jika terdapat masalah pada salah satu komponen maka bisa jadi menyebabkan mobil akan sulit dihidupkan.

Indikasi kerusakan yang terjadi biasanya akan terlihat pada mobil yang sulit untuk distarter. Jika seperti ini terjadi pada mobil anda maka penyebabnya adalah aki ataupun koil. Periksa bagian aki, bersihkan dan kencangkan bagian kabel-kabel yang terhubung pada aki dan koil. Penting pula mengetahui cara merawat aki mobil yang baik agar tetap awet dan tahan lama. Selain itu perhatikan kondisi busi, busi yang soak terkadang menjadi penyebab mobil mogok di tengah jalan. Sehingga cara mengatasi mobil carry mogok di tengah jalan lainnya dengan mengecek kondisi busi. Apakah gosong, berkerak, atau baik-baik saja. Bersihkan bagian busi dengan menggunakan amplas. Jika busi berwarna kecoklatan maka ganti dengan yang baru.

Lalu bagaimana jika bagian CDI yang rusak? maka biasanya akan terasa mobil yang tersendat saat putaran mesin tinggi. Bahkan seringkali mati ketika berada di tanjakan serta putaran mesin yang tinggi. Untuk mengatasinya maka anda harus segera membawanya ke bengkel untuk ditangani oleh teknisi kelistrikan yang sudah ahli.


Anda bisa mencoba mengikuti keempat Cara Mengatasi Mobil Carry Tidak Bisa Distarter seperti yang sudah admin uraikan diatas. namun, jika setelah melakukan tips diatas dengan cermat dan teliti namun mobil carry masih tetap tidak bisa distarter. admin sarankan untuk membawa mobil ke bengkel resmi, agar bisa langsung mendapatkan perbaikan dari ahlinya.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Mobil Carry Tidak Bisa Distarter"