Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100% AMPUH !! Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125

Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125 dan cara reset sensor pada motor vario 125 sebenarnya sangat mudah. dengan catatan kita sudah mengetahui terlebih dahulu biang kerok terjadinya masalah tersebut. sebelum melangkah lebih jauh lagi, sudah kah kamu tahu apai itu TOS pada motor injeksi ? TPS atau singkatan dari throttle position sensor berfungsi sebagai throtle atau gas untuk mengatur debit udara dan pasokan bahan bakar utama yang sinyalnya langsung di teruskan ke ECU. Besar kecilnya pasokan udara dan bahan bakar tergantung besar kecilnya bukaan gas yang kita pelintir di setan. Sensor TPS sendiri di motor karbu ibarat skepnya. memiliki fungsi yang sama namun konstuksinya berbebeda.


Rider vario 125 sering kali mengeluhkan jika motornya tiba-tiba menjadi lemot, loyo, dan mesin seperti menggerung seperti digas padahal kita belum membuka gas. gejala seperti itulah yang biasanya disebabkan oleh erorrnya sensor TPS. kasus ini sendiri sering terjadi pada vario 125 keluaran awal. karena untuk generasi saat ini, honda sudah memperbaiki kualitas komponen dan software yang dipakai. sehingga masalah ini tidak atau sangat jarang terjadi pada matic keluaran terbarunya.


Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125
Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125


Setelah kita mengetahui sedikit pengertian tentang TPS dan penyebab sensor ini bisa rusak, mari kita langsung saja menuju pada inti pembahasan yakni tentang Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125 yang bisa anda ikuti langkah-langkah selengkapnya dibawah ini : 

Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125

Satu-satunya cara yang ampuh untuk memperbaiki sensor TPS adalah dengan mengganti Throttle Body set, karena dalam Throttle Body terdapat sensor – sensor lain yang saling berhubungan. jadi, jika kita hanya mengganti sensor TPS saja biasanya tidak akan menyelesaikan masalah.


Cara Reset Sensor TPS Vario 125

  • Saat dicolokkan Honda Injection Diagnostic Tool (HiDS), sensor TPS harus 0.00 kala gas tertutup.
  • Kalau nilainya tidak segitu,biasanya mekanik akan mereset TPS dengan cara men-jumper Data Link Connector (DLC) serta Engine Oil Temperature (EOT) yang ada di motor. 
  • Namun, sebelum melakukan hal itu kontak harus diposisikan dalam kondisi off. 
  • Setelah melakukan jumper DLC dan EOT, baru putar kontak ke posisi ON, lalu cabut kabel jumper yang berada di sensor EOT. 
  • Reset dinyatakan berhasil jika tampilan Malfuction Indicator Lamp (MIL) di spidometer berkedip cepat.



Jika setelah melakukan langkah-langkah Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125 diatas dan motor masih belum normal serta masih menunjukkan gejala seperti yang sudah admin modifsimple.com jabarkan diatas, sebaiknya segera bawa motor kamu ke bengkel resmi honda ya . agar segera mendapatkan penanganan langsung dari ahlinya dan vario 125 kamu bisa normal seperti sedia kala. jangan lupa untuk mengganti oli dengan teratur dan melakukan servis rutin di bengkel resmi, agar masalah TPS rusak tidak lagi menghampiri tungganganmu.


Posting Komentar untuk "100% AMPUH !! Cara Memperbaiki Sensor TPS Vario 125"