Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Penyebab & Cara Mengatasi Motor Brebet di RPM Tinggi

Cara Mengatasi Motor Brebet di RPM Tinggi - Penyebab dari permasalahan motor yang saat digas brebet pada putaran atas, tengah maupun bawah bisa terjadi akibat dari berbagai macam faktor. gejala ini sendiri bisa terjadi pada motor lama maupun motor keluaran terbaru. baik yang masih menggunakan karburator maupun yang sudah memakai teknologi injeksi. jika hal ini terjadi pada motor keluaran lama tentu saja bisa kita anggap wajar, karena usia komponen motor yang sudah uzur juga menjadi salah satu penyebab timbulnya problem pada sepeda motor. namun, bagaimana jika motor brebet terjadi pada motor keluaran terbaru ? yuk, mari kita simak selengkapnya  tenntang penyebab dan cara ampuh mengatasinya.


Seperti yang sudah admin singgung pada paragraf pertama. usia setiap komponen pada motor bisa menjadi salah satu penyebab motor menjadi brebet. coba perhatikan dan ingat kembali sudah berapa lama oli tidak diganti, kapan terakhir kali servis dan cek komponen lain yang mungkin tidak terlalu anda rawat. pada motor yang masih menggunakan karbu, biasanya permasalahan utama terletak pada karburator yang kotor dan settingan yang tidak sesuai. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi motor brebet di putaran atas dibawah ini :


Cara Mengatasi Motor Brebet di RPM Tinggi


1. Tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai 

Penyebab motor brebet yang paling sering terjadi adalah karena bahan bakar yang tidak sesuai. Padahal setiap pabrikan kendaraan memiliki standar tersendiri mengenai bahan bakar. 

Harga bahan bakar yang lebih murah sering dijadikan alasan penggunaan yang tak standar. 

Padahal tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai bisa mempengaruhi masalah kompresi mesin. Kebanyakan motor baru menggunakan standar bahan bakar dengan oktan RON 92, sehingga pembakaran yang terjadi dalam mesin lebih sempurna. 

Bensin yang kualitasnya rendah akan menimbulkan knocking pada mesin sehingga brebet. Hal yang sama juga berlaku jika Anda menggunakan bahan bakar yang dicampur. Perbedaan kualitas inilah yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna. 

Satu-satunya solusi adalah dengan mengganti bahan bakar standar sesuai anjuran pabrik. Masalah brebet akan hilang selama bensin yang kualitasnya rendah sudah habis dan digantikan dengan yang baru


2. Filter udara sudah kotor 

Penyebab motor brebet lainnya adalah filter udara kotor karena sudah digunakan dalam waktu yang lama. Debu dan kotoran menempel pada filter membuat udara yang masuk berkurang karena filter mengalami mampet. 

Filter udara tak hanya harus rutin untuk dibersihkan, melainkan juga perlu diganti secara berkala. Setiap beberapa ribu kilometer filter udara sudah tidak bisa lagi menyaring udara bersih walaupun dibersihkan dengan rutin, sehingga perlu diganti dengan yang baru. 

Lama tidaknya penggantian ini tergantung lokasi pemakaian. Motor yang digunakan pada area perkotaan akan lebih cepat dalam penggantian filter udara. Dengan membersihkan atau menggantikan filter udara, maka pembakaran dalam mesin akan terjadi dengan baik. 


3. Terjadi kerusakan pada busi

Busi bisa menjadi penyebab motor brebet di rpm tinggi karena busi tidak menciptakan percikan api untuk pembakaran dalam mesin. Kondisi busi yang kotor atau mulai renggang akan menjadi penyebab brebet saat motor di gas. 

Ciri busi yang mulai rusak adalah tampak berwarna kehitaman. Jika kotor maka Anda bisa mencoba untuk membersihkan dan memasangnya kembali. Namun jika ternyata distarter masih tidak mau menyala, artinya busi sudah mati atau tak bisa digunakan. 

Busi yang sudah mati tidak bisa menyalakan api sehingga pembakaran di dalam mesin tidak dapat terjadi. Apabila busi sudah mati solusi yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Sehingga percikan api tercipta pada ruang pembakaran. 


4. Tangki bahan bakar kemasukan air

Penyebab motor brebet yang bahkan membuat motor tidak bisa menyala adalah masuknya air ke tangki bahan bakar. Air akan menyebabkan pembakaran terganggu karena mengurangi bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. 

Air bisa masuk ke tangki bahan bakar biasanya karena salah dalam metode pencucian motor atau membeli bensin eceran. Seringkali penjual eceran lalai dalam memindahkan bensin ke dalam botol eceran sehingga terdapat endapan air. 

Solusi yang bisa dilakukan hanyalah menguras tangki bensin kemudian menggantinya dengan yang baru.Selain itu Anda juga perlu mengganti filter bensin yang sudah terkena air. Selama pengurasan, Anda juga perlu membersihkan kotoran yang mengendap pada tangki bensin. 


5. Rusaknya sensor injeksi

Khusus motor injeksi, penyebab motor brebet bisa disebabkan oleh komponen injektornya. Apabila komponen ini rusak, maka pembakaran sudah pasti terganggu. Injektor mengalami kerusakan ketika Anda tidak menggunakan bahan bakar yang tepat. 

Selain itu kerusakan juga dipengaruhi oleh jarangnya melakukan perawatan komponen. Padahal injektor perlu dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus. Apabila rusak atau kotor, maka akan menyebabkan mesin jadi brebet. 

Cara mengatasinya adalah dengan rutin melakukan servis ke bengkel resmi Suzuki, sehingga jika injektor kotor bisa segera dibersihkan. Jangan lupa juga menggunakan jenis bahan bakar standar yang dianjurkan. 


6. Setelan klep yang renggang

Motor brebet juga bisa disebabkan oleh setelah klep yang mulai merenggang. Setelan ini merenggang karena masa pemakaian kendaraan. Klep akan merenggang atau bergeser akibat putaran mesin yang terjadi terus menerus. 

Hal ini sebenarnya bisa diketahui sejak dini jika Anda rutin melakukan perawatan ke bengkel resmi. Karena teknisi akan menyetel ulang klep sehingga performa motor kembali normal. Namun jika jarang servis, maka penyebab motor brebet bisa jadi karena masalah klep ini. 


7. Filter bensin yang kotor

Penyebab selanjutnya adalah terdapat pada filter bensin yang sudah kotor. Filter bensin berfungsi untuk menyaring bahan bakar agar kotoran tidak masuk ke ruang pembakaran. Fungsinya tidak jauh berbeda dari filter udara, jadi komponen ini perlu rajin dibersihkan. 

Kotoran yang menumpuk akan membuat suplai bahan bakar tidak lancar. Sehingga pembakaran yang terjadi tak sempurna dan motor akan brebet ketika dinyalakan. Rutin membersihkan filter bensin dan menggantinya adalah solusi terbaik. 


8. Kotornya fuel pump

Selain filter bensin, kotornya fuel pump juga menjadi penyebab utama motor brebet. Fuel pump bertugas untuk memompa bahan bakar masuk ke ruang pembakaran. Ketika komponen ini kotor, maka yang terjadi adalah tekanan bahan bakar bisa terlalu tinggi atau rendah. 

Kondisi inilah yang menyebabkan pembakaran juga tidak sempurna. Anda perlu rutin mengecek apakah fuel pump bekerja dengan baik. Sehingga tekanan bensin lebih teratur yang membuat sistem pembakaran pada motor bekerja dengan baik. 




Demikianlah yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi motor brebet di putaran atas, tengah maupun bawah. semoga dengan adanya sedikit ulasan dari admin modifsimple.com ini bisa bermanfaat untuk anda semua. oh iya, jangan lupa untuk rutin melakukan servis ya, entah itu di bengkel resmi atau bengkel andalan kamu. agar motor tetap dalam kondisi prima dan laik jalan.

Posting Komentar untuk "8 Penyebab & Cara Mengatasi Motor Brebet di RPM Tinggi"