Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Pilot Jet dan Main Jet Karburator PE 28

Cara Setting Pilot Jet dan Main Jet Karburator tentu tidak boleh sembarangan karena semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan owner meskipun memakai karbu pe 28 sekalipun. agar tarikan motor sesuai dengan harapan, maka kita sebagai owner harus tahu betul atau setidaknya punya sedikit pengetahuan untuk menyetting pilot jet dan main jet pada motor. apalagi kalau tunggangan kita sudah di bore up, kalau settingan tidak tepat jelas hasil pada tunggangan tidak akan sesuai dengan ekspektasi.

Seperti yang sudah admin singgung pada paragraf pertama. setting pilot dan main jet tiap motor itu beda-beda. kita sebagai owner harus jeli dan dapat merasakan sendiri settingan mana yang paling cocok untuk si kuda besi. jika motor sudah dalam posisi bore up ya tinggal kita sesuaikan saja dengan settingan korekan pada motor masing-masing. kalau untuk harian ya harian. kalau untuk balapan ya balapan.

Yang paling terpenting dalam setting pilot dan main jet adalah kita bisa merasakan dan membedakan tarikan motor pada mesin serta kita harus melakukan stel angin dan gas dengan tepat. untuk cara setting pilot jet dan main jet karburator yang selengkapnya, kalian bisa mengikuti step sederhana dibawah ini :


Cara Setting Pilot Jet dan Main Jet Karburator
Cara Setting Pilot Jet dan Main Jet Karburator




Cara Setting Pilot Jet

Untuk settingan pilot jet karburator, cobalah hal berikut. Hal yang pertama silahkan nyalakan motor anda, bila motor anda susah untuk dihidupkan setelah dilakukan penyetelan atau motor anda bisa hidup akan tetapi pada kondisi putaran bawah nampak atau terasa seperti ada jeda atau kosongnya tarikan seperti bensin tidak mengalir. Nah itu artinya pada pilot jet tidak pas dan anda harus menyettingnya.

 

Dan cara untuk menaikannya pun bertahap, yakni sama seperti kenaikan pada main jet, cobalah anda naikkan 5 angka terlebih dahulu, nah apabila masih kurang dapat anda naikan lagi satu step lagi sampai 7 atau hingga 7,5 angka. Dalam hal ini ya tentunya tergantung karakter mesin pada motor anda dan juga jenis karburatornya, namun biasanya settingan pilot jet dan main jet pada karburator tidak sampai 10 step.

 

Cara Setting Main Jet

Apabila motor anda digeber atau digas full terus dengan kecepatanya yang kurang atau tarikannya kurang maka hal ini settingan main jet kurang tepat atau pas. Untuk itu cobalah anda dengan menaikkan setelan menjadi 5 angka dulu, kemudian cobalah anda tarik gas terlebih dahulu. Nah bila pada tarikan gas yang tinggi masih ada jeda pada pasokan bensin/masih brebet, hal ini bisa jdi main jet masih kurang settingannya. Maka dari itu anda bisa naikan lagi dengan satu step atau dapat juga hingga 7 atau 7,5 angka.

 

Nah biasanya bagi anda yang sepeda motornya sudah di korek atau bore-up harian kenaikan tersebut sudah cukup tinggi. Dan sebaliknya bila anda tarik gas diputaran atas pada motor anda masih mengalami brebet, hal itu artinya pada step pada main jet terlalu besar dan harus anda turunkan. Selain motor brebet, setelan pada main kebesaran dapat mengakibatkan bensin akan lebih boros. Bensin akan terbuang dan pembakaran tidak sempurna atau tidak maksimal. Untuk itu anda dapat melihatnya dari busi, kalau cepat sekali maka akan hitam, berarti pada setelan di main jet tersebut terlalu besar, anda juga bisa mengetahui ciri-ciri kondisi pada tema busi.

Mungkin itu saja yang dapat admin modif simple sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Cara Setting Pilot Jet dan Main Jet Karburator. semoga sedikit pembahasan dari pemula seperti admin ini bisa bermanfaat untuk anda semua. oh iya, kalau kalian tetap kesulitan saat setting pilot dan main jet lebih baik bawa langsung sama ahlinya saja ya. agar motor tidak mengalami kerusakan yang tidak diinginkan. Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Pilot Jet dan Main Jet Karburator PE 28"