Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Karbu PE 28 Agar Tidak Brebet

Cara Setting Karbu PE 28 agar tidak brebet, irit dan tidak nembak bagi yang sudah ahli tentu saja sangatlah mudah. namun bagi kita yang masih amatir alias baru saja menggunakan karbu pe tentu mengalami kesulitan saat setting karbu pe 28 baik yang asli maupun yang kw.

Jika kamu berencana memasang atau menggunakan karbu pe untuk kuda besimu atau bahkan terlanjur membeli karbunya namun masih bingung dalam menyettingnya tidak usah bingung. kamu bisa mengikuti langkah stel karbu pe dibawah ini :


Cara Setting Karbu PE 28





STEP 1 - Cara Setting Karbu PE 28


o Posisikan Motor pada standard tengah

o Hidupkan mesin, tahan gas diputaran mesin 2500 s/d 3500 RPM

o Kencangkan setelan udara searah jarum jam menggunakan obeng min sampai mentok, obeng jangan dilepas tetap berada diposisi tersebut.

o Secara otomatis RPM akan turun, pertahankan bukaan gas agar mesin tetap hidup

o Putar setelan udara dengan obeng min kearah kiri sambil menghitung jumlah putarannya.

o Sambil mendengar putaran mesin mulai meninggi, diputaran keberapakah mesin naik meraung perhatikan baik-baik putarannya sambil mendengar suara mesin.

o Ketika raungan mesin tertinggi putaran obeng min tadi pada setelan udara karbu dihentikan. (apabila lebih dari 1,5 putaran berarti ukuran pilot jet kebesaran, kurang dari 1 putaran berarti pilot jet kekecilan).

o Berapa putaran setelan udara kearah kiri yang dihitung untuk mendeteksi apakah pilot jet sudah sesuai atau belum.

o Kalau pilot jet sudah sesuai, mesin akan meraung pada putaran obeng di 1 s/d 1,5 putaran kekiri.

o Apabila dibawah 1 putaran kekiri mesin sudah meraung tinggi berarti pilot jet kekecilan, ganti ukran pilot jet satu step lebih besar dari yang terpasang dikarbu.

o Apabila diatas 1,5 putaran baru mesin mulai meraung berarti pilot jet kebesaran, turunkan ukuran pilot jet satu step lebih kecil dari yang terpasang dikarbu.

o Begitu seterusnya sampai mendapatkan setelan udara karbu berada di 1 s/d 1,5 putaran kearah kiri dari posisi tertutup.

o Setelah sukses mendapatkan setelan udara yang pas, mesin dibiarkan tetap hidup.

o Setel idle/langsam pada RPM 1000-1500 (setelan idle yang berwarna kuning pada karbu PE28)

o Selongsong gas jangan dipegang biar setelan idle/langsam yang mengambil peran.

o Balik lagi ke sekrup setelan udara dengan oben min tadi, putar hanya sedikit sekali kekiri dan kekanan, dengar baik-baik suara mesin, cari suara idle/langsam mesin yang paling enak atau paling tinggi.

o Balik ke setelan idle yang berwarna kuning, sesuaikan RPM idle/langsam dengan selera anda, mau 1000 atau 1500 RPM terserah anda.

o Selesai sudah acara seting menyeting pilot jet dan setel udara karbu PE28 anda.

STEP 2 - Cara Setting Karbu PE 28


o Posisikan kembali motor distandard tengah.

o Hidupkan mesin, putar selongsong gas di putaran 6000 s/d 9000 RPM caranya seperti memainkan gas berulang-ulang. (bisa lebih dari 9000 RPM tapi akan merusak mesin dan mengganggu tetangga yang sedang tidur).

o Tahap ini sangat membutuhkan feeling.

o Dicari mana RPM mesin yang paling cepat naik ketika gas dimainkan direntang 6000 s/d 9000 RPM itulah mainjet yang sesuai.

o Ciri-ciri mainjet kebesaran ada sedikit ngebul diknalpot, turunkan ukuran mainjet 1 step lebih rendah.
o Untuk satria FU standard tanpa ubahan apapun mulailah dari mainjet ukuran 110 atau 115.

o Untuk setting main jet memang sedikit lebih sulit dibanding setting pilot jet karbu, namun apabila sering diulang makin lama makin makin mudah dikerjakan dan yang pasti akan mahir dalam urusan setting karbu PE28.


Bagaimana ? mudah bukan Cara Setting Karbu PE 28 ? jika kamu mengikuti tutorial stel karbu pe diatas dengan teliti maka admin jamin karbumu sudah tidak brebet lagi dan siap untuk digas.

2 komentar untuk "Cara Setting Karbu PE 28 Agar Tidak Brebet"

  1. Permisi bang mau tanya motor sy Megapro 2005 blok kop tiger knalpot standart pe28 uk mj120 pj 38 digas rpm tinggi brebet trus saya buka businya gosong. Solusinya gmn yg pas setelan mj dan pj ? Terimakasih

    BalasHapus
  2. Punya saya bebek kohar 132cc pake pe 28 setelan 42/100 1,5 putaran kok businya hitam arang ya dan keluar asap hitamm

    BalasHapus